Rabu, 22 April 2009

rpp bahasa indonesia kelas 2 sd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )















OLEH :

AYUB MALESSY

071 644 135

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nama Sekolah : SD Negeri 1 Le Kona

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : 2/II

Alokasi Waktu : 2 × 30 menit (1 x pertemuan )

Standar Kompetensi :

Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita

Kompetensi Dasar :

1. Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri

2. Membaca nyaring teks (15 – 20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat

3. Menyalin cerita anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

Indikator :

a. Menjawab pertanyaan tentang cerita yang dibacakan oleh guru

b. Menceritakan kembali isi cerita di depan kelas

c. Membaca bacaan dengan lantang dan jelas

d. Menyalin syair lagu dengan tulisan tegak bersambung

A. Tujuan Pembelajaran : melalui pengalaman siswa, siswa dapat :

1. Memahami isi cerita yang didengar

2. Trampil membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar

3. Menuliskan kembali isi cerita dengan huruf tegak bersambung dan rapi

B. Metode :

1. Ceramah

2. Tanya jawab

3. Penugasan

C. Materi pokok : Cerita anak

Rakus

Ada seekor anjing yang sangat rakus. Anjing itu suka merebut makanan kawannya. Kalau anjing lain mendapat daging, dikerjarnya dan direbutnya daging itu.

Pada suatu hari anjing rakus itu merasa lapar sekali. Ia berlari kesana-kemari mencari makanan. Di dekat pasar si rakus mencuri sepotong daging. Daging itu digigitnya dan dibawa pulang.

Anjing itu berjalan melalui jembatan kecil di atas sungai. Air sungai itu sangat jernih. Anjing itu melihat ke bawah. Bayangannya tampak jelas.

Si rakus mengira ada anjing lain yang menggigit daging juga...dengan cepat ia melompat ke dalam air. Ia mau merebut daging itu.

Daging yang dimulutnya terlepas, dan hanyut dibawa air. Ternyata tidak ada anjing lain. Yang diserangnya itu hanya bayangannya sendiri. Si rakus basah kuyup. Dengan susah payah ia naik ke darat. Si rakus pulang dengan lesu. Perutnya makin lapar.

D. Kegiatan pembelajaran :

§ Kegiatan Awal:

Presensi : guru mengecek kehadiran siswa

Apersepsi : Menyanyi “Kucingku Belang Tiga”

Guru bertanya:

1. adakah diantara kalian yang pernah membaca cerita dongeng?

2. Pernahkah anak – anak mendengar cerita dongeng dari orang tua atau sahabat mu!

Motivasi : guru memotivasi siswa agar aktiv dalam kegiatan pembelajaran

§ Kegiatan Inti

ØSiswa mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh guru

ØSiswa menjawab pertanyaan yang sampaikan oleh guru:

- Apa judul cerita yang baru saja didengar?

- Dalam cerita tadi siapa yang rakus dan sering merebut makanan dari kawannya?

- Dimanakah kejadian itu berlangsung!

ØSiswa diminta oleh guru menceritakan kembali cerita tersebut

ØSiswa diminta oleh guru membacakan kembali teks bacaan cerita dengan suara nyaring

ØSiswa menyalin cerita anak tersebut dengan huruf tegak bersambung

§ Kegiatan Akhir :

Kesimpulan:

Siawa dan guru besama – sama menyimpulkan isi cerita

Penugasan :

Guru menyuruh siswa mencari dan menuliskan cerita anak di rumah. Sumbernya lewat buku, orang tua, teman dekat atau media yang lain. Kemudian pertemuan yang akan datang siswa berceritra di depan kelas.

Penerapan :

Guru mengingatkan siswa agar jangan mengikuti tingkah laku anjing dari cerita yang sudah didengar

Yaitu :

1. Anak – anak kalau ingin makan atau lapar, anak – anak jangan rakus ya.

2. Anak – anak kalau kita makan kita jangan mengambil makanan milik orang lain nanti dimarahin

3. Anak – anak jangan mencuri nanti dimarahi oleh papa atau ditangkap polisi.

E. Alat dan bahan :

Sumber : Bina Bahasa Indonesia 2 B

Lembar bacaan cerita : Rakus

F. Penilaian :

Penilaian proses

Format Penilaian Proses

No

Nama

Aspek yang dinilai

Jumlah

NA

Keberanian

Kejelasan

Kelancaran

1

Doni

2

simon

3

Angua

4

Yub

Keterangan :

1. Keberaniaan : 40

2. Kejelasan : 30

3. Kelancaran : 30

= Jumlah nilai keseluruhan

Jumlah aspek yang dinilai

Mengetahui: Surabaya, 22 april 2009

Kepala Sekolah, Guru Kelas 2,

Ayub Malessy Kristin Koanak

NIM : 071644135 NIP : 031 342 564

Tidak ada komentar:

Posting Komentar